Jumat, 16 Februari 2018

Assalammualaikum...

Rangkuman Pengantar Kitab Tauhid #1
Ust. Fadlan Fahamsyah Lc, MHI

Siapakah orang yg memperoleh kemenangan itu?
Allah SWT berfirman:
"Setiap yang bernyawa akan merasakan mati.Dan hanya pada hari Kiamat sajalah diberikan dengan sempurna balasanmu. Barang siapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, sungguh, dia memperoleh kemenangan. Kehidupan dunia hanyalah kesenangan yang memperdaya."
(QS. Ali 'Imran 3: Ayat 185)

Hal yang wajib kita ketahui untuk sampai ke surga :
1. Harus tahu jalan kesana
2. Harus tahu pintunya
3. Punya kuncinya

Langkah pertama untuk mengetahui jalan ke surga adalah dengan ilmu.
Rasulullah shallallahu alayhi wassalam bersabda, "Barangsiapa menempuh jalan untuk mencari ilmu, Allah akan mempermudah baginya jalan menuju surga” (H.R Muslim)

Langkah kedua pintu-pintu surga adalah amal sholih. Yaitu : (1) Pintu Shalat, (2) Pintu Sedekah, (3) Pintu Jihad, (4) Pintu Ar-Rayyan/puasa, (5) Pintu Haji, (6) Pintu Al-Ayman/70.000 orang yg masuk surga tanpa hisab, (7) Pintu Al-Kazhimina Al-Ghaizha wa Al-Afina ‘an An-Naas/mudah menahan amarah dan memaafkan orang lain. Pintu sisanya adalah Pintu Dzikir, Pintu Ridha, atau Pintu Ilmu.

Sedangkan pintu surga yg paling tengah adalah birrul walidain. Dari Abu Darda Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, "Orang tua adalah pintu surga paling tengah. Kalian bisa sia-siakan pintu itu, atau kalian bisa menjaganya." (HR. Ahmad)
Anak belum dikatakan berbakti sebelum terkumpul dalam dirinya 3 hal : berbuat baik kpd orang tua, tidak menyakiti orang tua, dan sabar dari gangguan orang tua. Celaka orang yg menjumpai salah satu atau kedua orang tuanya yg sudah renta tapi tidak mendapatkan surga karenanya.

Antara penerapan ilmu dan amal sholih (jalan dan pintunya surga) dibagi menjadi 3 golongan dalam surat al-fatihah : orang yg diberi nikmat yg berada di jalan yg lurus yaitu yg seimbang antara ilmu dan amal, orang yg dimurkai yaitu orang yg berilmu tapi tidak beramal dengan ilmunya (yahudi), dan orang yg tersesat karena beramal tanpa ilmu (nasrani).

Langkah ketiga
Kunci surga yang bergigi 2 yaitu syahadat...

ingin tau kelanjutannya ??
Yuk datang ke Kajian Tauhid Masjid Al-Muhajirin Manukan Mukti, Tandes, Surabaya.
Yang InsyaAllah diadakan pada minggu ke-2 setiap bulan

follow sosmed kami juga agar kalian dapat informasi-informasi paling baru

Sekian, terimakasih
Assalammualaikum...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar