Sabtu, 24 September 2016

ADA APA DENGAN RAMADHAN (AADR)



Puasa itu bukan hal yang asing buat kita. Setiap tahun kita dipertemukan dengan bulan ramadhan lantas sudahkah ramadhan kita berkualitas? Ibarat menanam buah. Setelah menanam apakah berbuah dengan baik atau sebaliknya? Ramadhan adalah sarana kita untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi. Saranan penempaan diri agar setelah bulan ramadhan berakhir kita terbiasa melakukan hal hal baik untuk bulan selanjutnya.  Pada bulan ramadhan harus ada peningkatan kualitas yang jelas. Agar ramadhan tidak berlalu sia sia. Apa tidak eman didalam bulan yang penuh berkah,ampunan dan rahmatnya dan banyak sekali keutamaan keutamaannya menjadi sia-sia?.

Di bulan Ramadhan ini setiap muslim memiliki kewajiban untuk menjalankan puasa dengan menahan lapar dan dahaga mulai dari fajar hingga terbenamnya matahari. Namun ada di antara kaum muslimin yang melakukan puasa, dia tidaklah mendapatkan apa-apa kecuali lapar dan dahaga saja yang menghinggapi tenggorokannya. Inilah yang disabdakan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang jujur lagi membawa berita yang benar, 

Betapa banyak orang yang berpuasa namun dia tidak mendapatkan dari puasanya tersebut kecuali rasa lapar dan dahaga.” (HR. Ath Thobroniy dalam Al Kabir dan sanadnya tidak mengapa. Syaikh Al Albani dalam Shohih At Targib wa At Tarhib no. 1084 mengatakan bahwa hadits ini shohih ligoirihi –yaitu shohih dilihat dari jalur lainnya).

Saat kita semua bisa saling bertemu ialah suatu kenikmatan bagi semua umat muslim, pergunakanlah kehidupan di dunia ini sebaik baiknya.. agar kelak insyaAllah kita semua bias berkumpul di surgaNya. Ramadhan dari tahun ke tahun sudah kita lalui, dan puasa adalah kewajiban bagi semua umat muslim.

Semua manusia yg ada dimuka bumi ini hanya untuk diuji, diuji apakah layak untuk menempati surgaNya atau tidak. Dunia ini merupakan penjara bagi orang muslim, dan surge bagi orang orang kafir. Dunia ini hanya semntara, kita hidup di dunia untuk bekal di akhirat kelak. Andai kalian tau, 1 hari di akhirat sama dengan 1000 tahun di dunia. Kita akan kekal di akhirat, semoga kelak kita yg bertaqwa bias menempati surgaNya yang indah.


Allah tak akan membiarkan manusia mengakui dirinya beriman sebelum manusia tersebut mendapat cobaan dari Allah, apakah benar manusia tersebut beriman atau tidak.
Setiap ujian dari Allah jika kita mampu melewatinya, insyaAllah derajat kita akan ditingkatkan di hadapanNya. Bagi Allah, seseorang yg baik ialah orang yg paling bertaqwa dan selalu istiqomah di jalanNya. Dunia ini bukan tujuan bagi kita semua, dunia ini tempat kita mempersiapkan hal hal dan bekal untuk kehidupan di akhirat nanti.

Apakah mata kita ini sudah selalu terjaga dari hal hal yg haram? Apa mata kita sudah menundukkan pandangan dari yg bukan mahram kita? Dan apakah mata kita sudah selalu melihat hal hal yg baik? Allahu’alam semoga kita selalu terjaga dalam lindunganNya.

Puasa…
Puasa tidak hanya dilakukan oleh umat muslim, orang orang kafir pun juga melakukan puasa tapi beda caranya dengan kita. Mereka juga melakukan dakwah, bukan hanya pada orang orang kafir tapi juga pada semua orang termasuk umat muslim. Semoga kita selalu terjaga dalam lindunganNya. Puasa ialah perisai yg dapat melindungi seseorang dari api neraka, dan orang orang yg puasanya bagus dinamakan Ar-Royyan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar